Untuk melakukan print dengan menggunakan printer injet terdapat preference standart dari printer yang perlu dilakukan setting agar mendapatkan hasil print yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan. Setting pada preference pada printer ini merupakan feature standart, namun terkadang sering dilupakan atau kurang dipahami sehingga hasil print menjadi kurang memuaskan. Untuk itu disini saya jelaskan secara sederhana fitur preference printer.

Sebagai contoh, digunakan setting preference printer pada printer inkjet epson L300 pada windows xp (pada os windows versi lain dan printer inkjet tipe atau merk lain perlu sedikit penyesuaian langkah). Langkah pertama adalah dengan membuka menu setting printer

Dari menu preference printer kita dapat menggunakan pilihan mudah "Printing Presets" yang sudah disediakan, terdapat pilihan cetak cepat, atau pilihan kualitas, ataupun melakukan pencetakan hitam putih. Atau dapat juga memilih secara manual opsi menu di kolom kanan, misalnya untuk Paper Type, untuk memilih ketebalan kertas yang sesuai sehingga penarik kertas pada printer dapat bekerja dengan baik. dan untuk pilihan quality, untuk print gambar disarankan untuk menggunakan print quality high meskipun dengan konsekuensi kecepatan cetak menjadi menurun.